Pondasi Bisnis Online Menurut BOSS


Pondasi Online munurut BOSS (Bisnis Online Sugeng Sejahtera)

Dari beberapa referensi dan pendapat para ahli Bisnis Online , BOSS menyimpulkan pondasi Bisnis Online yang harus dimiliki oleh seorang Pebisnis Online itu terdiri dari 4 hal yaitu :
  1. Situs Web (Website).  Website sangat penting untuk memajang produk dan jasa usaha kita. Kalau di bisnis offline bisa di ibaratkan dengan Toko, Showroom dan sejenisnya. Sedang dalam Bisnis Online tempat-tempat pemajang produk tersebut adalah website atau blog.
  2. Konten.  Konten merupakan sarana pemilik Bisnis Online untuk menuangkan kreativitas dan memikat hati para pengunjung. Konten yang bagus bisa digunakan untuk mempengaruhi pengunjung untuk membeli produk kita, menggunakan jasa kita. Berikut ini tujuan  konten untuk Bisnis Online: Menjelaskan mengenai bisnis atau produk kita, membantu orang lain untuk mengenal bisnis kita dan menaikkan nilai (value) bisnis kita. Jenis konten bisa berupa video, banner, audio, e-book, artikel, dan infografis.
  3. Produk. Apapun yang ingin kita pasarkan baik di Bisnis Online maupun bisnis konvensional, kita memerlukan produk untuk dijual, baik itu produk sendiri maupun produk orang lain. Begitupula tentang macam-macam produk, bisa berupa produk fisik maupun nonfisik. Produk fisik dapat terdiri dari komputer, tas, pakaian dan sebagainya. Sedang produk yang populer di Bisnis Online adalah nonfisik (digital) seperti perangkat lunak, skrip, domain, hosting, ebook dan lain-lain. Produk-produk ini sangat digemari oleh Pebisnis Online selain mudah pengirimannya juga biaya operasional yang dibutuhkan sangat terjangkau dari produk fisik.
  4. Skill (Keahlian).  Keahlian menjadi salah satu kunci penting dalam bisnis online. Keahlian disini yang utama adalah bagaimana mendatangkan Traffic (pengunjung/pelanggan) dan mau membeli produk atau jasa yang kita tawarkan. Untuk itu pentingnya MENTOR dalam Bisnis Online dan pendidikan/pelatihan berkelanjutan (Continuing Education).

Tidak ada komentar untuk "Pondasi Bisnis Online Menurut BOSS"