Investasi adalah: Pengertian, Jenis, dan Manfaat

 

Sumber : universalbpr.co.id

Pengertian Investasi 

Investasi adalah aktivitas menempatkan modal baik berupa uang atau aset berharga lainnya ke dalam suatu benda, lembaga, atau suatu pihak dengan harapan pemodal atau investor kelak akan mendapatkan keuntungan setelah kurun waktu tertentu. Karena harapan mendapatkan keuntungan di kemudian hari inilah investasi disebut juga sebagai penanaman modal.

Sedangkan menurut wikipedia, Investasi adalah suatu kegiatan menanamkan modal, baik langsung maupun tidak, dengan harapan pada waktu nanti pemilik modal mendapatkan sejumlah keuntungan dari hasil penanaman modal tersebut. 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) investasi berarti penanaman uang atau modal pada suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

Ada banyak contoh investasi seperti saham, deposito, sukuk, obligasi, tabungan, asuransi, reksadana, perusahaan fintech, crypto. Bentuk lainnya misalnya pembelian tanah, perhiasan dan emas, serta investasi pada bisnis yang dijalankan

Jenis investasi 

Investasi secara umum dibagi menjadi 2 yakni investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang. investasi jangka pendek adalah investasi yang dilakukan dalam waktu singkat. sedangkan investasi jangka panjang yaitu investasi ditujukan untuk masa depan (tua), jadi investor membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menikmati hasilnya. Berikut Perbedaannya :

Investasi Jangka Pendek

  • Modal. Investasi jangka pendek bisa dimulai dengan modal kecil. Bahkan, tidak sedikit instrumen yang bisa dimulai dengan bujet ratusan ribu rupiah.
  • Risiko. Pergerakan investasi yang cepat membuat risiko yang ditawarkan juga cukup besar. Hal tersebut dipengaruhi oleh berbagai macam faktor salah satunya yaitu pergerakan harga pasar yang tidak stabil.
  • Tujuan. Untuk memenuhi kebutuhan dalam waktu dekat.
  • Jangka Waktu. Minimal 1 tahun

Investasi Jangka Panjang

  • Modal. Keuntungan investasi jangka panjang bisa dibilang cukup besar, sehingga perlu n dana ekstra untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.
  • Risiko. Investasi jangka panjang lebih minim risiko karena pergerakan uang tidak cepat. Karena itu tidak heran kalau Warren Buffet mengatakan, “sabar adalah kunci penting dalam investasi”.
  • Tujuan. Untuk masa depan, cocok untuk mempersiapkan dana pensiun.
  • Jangka Waktu. Minimal 5 tahun

Manfaat Investasi

1. Menghindarkan dari Inflasi

Inflasi yang terjadi setiap tahunnnya membuat nilai aset berkurang. dengan melakukan investasi maka aset juga akan berkembang menghasilkan nilai tambah sehingga bisa mengimbangi gerusan inflasi.

2. Meningkatkan nilai uang/kekayaan

Manfaat dan tujuan investasi adalah untuk meningkatkan nilai kekayaan. bayangkan jika kamu memiliki investasi berupa emas yang harganya naik setiap tahunnya. tentunya hal tesebut akan menjadi sumber penghasilan tambahn untuk meningkatkan harta.

3. Kebutuhan darurat

Ketika anda mengalami keadaan dimana membutuhkan dana untuk suatu kebutuhan, tentunya anda bisa menggunakan dana atau aset yang telah anda investasikan. tidak perlu pusing untuk mencari pinjaman karena masih tertutupi dengan investasi.

4. Mempersiapkan kebutuhan masa depan

Berinvestasi dapat membantumu mempersiapkan modal untuk kebutuhan di masa depan. Sebut saja biaya pernikahan, pendidikan anak, kesehatan, dan lain-lain. Melalui investasi, kamu bisa mengatasi peningkatan biaya pada kebutuhan-kebutuhan tersebut.

5. Mencapai Financial freedom

Financial Freedom adalah kondisi di mana kamu merdeka secara finansial. Artinya, penghasilanmu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

6. Pensiun lebih siap

Tentu seseorang tidak akan bekerja seumur hidup. Maka dengan investasi bisa mempersiapkan masa depan.

Selagi masih muda, persiapkanlah masa depan dengan baik. Selain menabung, kamu juga bisa berinvestasi dan memanfaatkan efek compounding untuk mempersiapkan dana pensiun.

7. Melatih dalam pengambilan keputusan

Ada banyak pilihan investasi di jaman sekarang ini, sehingga kamu harus bisa memilih investasi yang tepat.

Kamu pun harus bisa mengambil keputusan finansial. Berbagai masalah yang akan kamu hadapi akan mengasah kemampuanmu analisamu. Wawasan dan pengetahuanmu tentang investasi pun akan bertambah seiring waktu.

8. Membuka Wawasan

Menjadi seorang investor akan membuat seseorang memiliki banyak relasi, karena akan sering bertanya dan bertukar pikiran terkait produk investasi apa yang tepat untuk dipilih. Secara tidak langsung wawasan tentang ekonomi dan finansial pun akan semakin luas. Tidak menutup kemungkinan, kamu akan menjadi seorang perencana keuangan yang handal. (AS)

Tidak ada komentar untuk "Investasi adalah: Pengertian, Jenis, dan Manfaat"